Posted by: phb7 | April 14, 2009

PERDIDO SPAR ON THE MOVE

Yach begitulah GOM Oil & Gas Field development, selalu memakai teknologi tinggi dalam penerapannya.

Type anjungan lepas pantai yang dibuat berupa spar platform, type ini mempunyai kelebihan :

  • Dapat diterapkan sampai laut dengan kedalaman 3000 m
  • Dapat menampung topside dengan lebar dan berat bervariasi
  • Rigid steel production risers ditopang oleh separate buoyancy
    cans tepat ditengah-tengah
  • Kestabilannya sangat tinggi, karena center of buoyancy (CB) diatas center of gravity
    (CG)
  • Hull dapat berupa steel atau concrete
  • dapat berupa mobile drilling rig
  • Mooring dapat dengan mudah dipasang, dioperasikan dan di-relokasi

Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di wikipedia.

Fact dari field ini bisa dilihat tabel di bawah ini :

Lokasi: Gulf of Mexico, US
Kedalaman: ~2,380 metres
Interests: Shell 35% (operator), Chevron 37.5%, BP 27.5%
Fields: Great White, Tobago, Silvertip
Peak Production: 130 kboe/d [API: 18-40]
Key contractors: Technip, Kiewit, FMC Technologies, Heerema Marine Contractors

THE DEEPEST SPAR IN THE WORLD UNTIL NOW

Berikut urutan2 fabrication untuk spar platform-nya

1

Adapun fabrikasi dari spar substucture-nya (Hull) dikerjakan di Pori Yard, Finland oleh Technip. Setelah load out kemuadian dibawa ke GOM dengan sistem dry tow menggunakan heavy transport vessel Mighty Servant-1 dari Dokwise Shipping.

22

Setelah sampai di Kiewit Offshore Yard, substructure tsb akan di-float off dari Mighty Servant-1.

Untuk selanjutnya akan dibawa ke final position.

33

Sistem towing dari Kiewit yard ke final position adalah wet tow.

4

Setelah sampai di final position, step yang akan dilakukan adalah uppending spar.

Metode yang digunakan adalah dengan sistem bouyancy, sehingga dengan membuka valve yang sudah ditentukan akan memberikan gaya angkat spar tsb, dengan dibantu SSCV Thialf dari Hereema Marine Contractor untuk positioningnya.

5

Foto diatas menunjukan posisi spar substructure sudah dalam keadaan berdiri.

Pekerjaan yang dilakukan setelah step ini adalah pemasangan anchor mooring dari spar itu sendiri.

Ada 3 hal penting dalam instalasi mooring untuk platform laut dalam ini :

  1. Pastikan kondisi lingkungan/laut aman untuk bekerja
  2. Hindari kerusakan pada mooring lines
  3. Instalasi dilakukan tepat waktu dan tepat budget.

7

Untuk Topside dari spar ini difabrikasi di Kiewitt Yard.

8

9

11

Instalasi Topside.

Untuk Tahap selanjutnya adalah comissioning.

Selengkapnya bisa disurfing di website punya shell ini.

Indonesia sebaiknya meniru Malaysia yang sudah memulai deepwater development dengan membangun Kikeh field juga menggunakan methode Spar, untuk instalasii topside-nya lebih berbeda dengan yang ada di GOM yaitu dengan methode float over.

Bisa dilihat gambar di bawah ini

kikeh

Semoga dengan  semangat baru, Presiden Indonesia yang akan datang lebih concern dengan Deepwater ini.

Sekian kisah yang sederhana ini saya tulis (meski dalam keadaan ngantuk sekalipun,hehhehehehe)


Responses

  1. Waaw..itu adalah pekerjaan yang membutuhkan teknik yang extra khusus.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: